Senin, 01 Februari 2010

What's Chiptune ?

Halo semua . apakah kalian tahu tentang chiptune ? kali ini saya akan membahas hal tersebut .

Sebuah chiptune, atau chip musik, adalah musik ditulis dalam format suara di mana semua suara yang disintesis secara real time oleh sebuah komputer atau konsol permainan video chip suara, daripada menggunakan sintesis berbasis sampel. Yang "zaman keemasan" dari chiptunes itu pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an, ketika suara seperti chip metode yang paling umum untuk menciptakan musik di komputer. Chiptunes berhubungan erat dengan permainan video musik, yang seringkali menampilkan chiptunes karena kebutuhan. Istilah juga telah baru-baru ini diterapkan untuk komposisi yang lebih baru yang berusaha menciptakan kembali chiptune murni suara untuk alasan estetika, meskipun dengan teknologi yang lebih kompleks.

Chip suara komputer awal hanya nada sederhana dan noise generator dengan beberapa saluran, memaksakan pembatasan pada kedua kompleksitas suara yang mereka dapat menghasilkan dan jumlah catatan yang bisa dimainkan sekaligus. Dalam keinginan mereka untuk menciptakan pengaturan yang lebih rumit daripada apa yang tampaknya medium diperbolehkan, komposer dikembangkan pendekatan-pendekatan kreatif ketika mengembangkan mereka sendiri suara elektronik dan skor, menggunakan sebuah keragaman suara kedua metode sintesis, seperti modulasi lebar pulsa dan wavetable sintesis, dan komposisi teknik, seperti penggunaan liberal arpeggiation. Chiptunes resultan kadang-kadang tampak kasar atau melengking ke pendengar tidak terbiasa.

Asal-usul

Perintis awal chip musik dapat ditemukan dalam sejarah awal musik komputer. Pada tahun 1951, komputer CSIRAC dan Ferranti Mark 1 yang digunakan untuk melakukan real-time disintesis musik digital di depan umum. [1]

Pada akhir 1970-an, video game konsol dan mikrokomputer mulai memiliki sirkuit terpadu dengan suara didedikasikan logika. Sebuah contoh awal penting adalah TIA chip dari Atari VCS (1977) menampilkan dua suara dengan volume dan bentuk gelombang terpisah pengaturan.

Seperti beberapa mikrokomputer dipasarkan dengan kemampuan musik dan suara, perangkat lunak musik komersial menjadi tersedia untuk banyak model. Sebuah contoh awal adalah Atari Musik Komposer dirilis pada tahun 1980 untuk Atari 400/800. Program ini biasanya sederhana dan mudah digunakan, tetapi sangat terbatas pada kemampuan mereka. Dalam rangka untuk benar-benar mengambil keuntungan dari chip suara, keterampilan pemrograman yang diperlukan.

SID budaya musik

Arguably yang paling berpengaruh perangkat keras dalam perkembangan musik chip telah menjadi MOS Technology SID, chip suara dari Commodore 64 (1982).

Pada tahun 1985, beberapa Commodore 64 programer, seperti Rob Hubbard, David Whittaker dan Martin Galway, sedang mengeksplorasi kemampuan musik SID chip untuk menghasilkan beragam dan menarik permainan video musik. Dalam ketiadaan cukup canggih software editor musik, kode mesin monitor yang biasanya digunakan untuk tujuan tersebut.

Pada saat yang sama, beberapa penggemar komputer mengambil upaya dalam "merobek" musik ini keluar dari permainan. Musik yang robek tersebar di antara para penggemar sebagai stand-alone executable yang mengandung satu atau lebih potongan-potongan permainan musik, dan juga digunakan sebagai latar belakang musik di crack intro dan demo.

Belakangan, beberapa kelompok demo pindah ke menggunakan musik mereka sendiri bukan robek permainan musik. Pada tahun 1986, Jeroen "Merah" Kimmel mempelajari Rob Hubbard's pemain rutin dan menggunakannya untuk lagu-lagu demo asli [2] sebelum menulis rutin sendiri pada tahun 1987. Hobbyists juga menulis mereka sendiri software editor musik khusus, seperti Chris Hülsbeck 's Soundmonitor yang dirilis sebagai tipe dalam daftar di edisi tahun 1986 Jerman C-64 majalah 64'er [3]. Ketersediaan perangkat lunak tersebut memungkinkan jangkauan yang lebih luas pengguna komputer untuk menulis musik SID maju. 64'er majalah yang juga dikenal menyelenggarakan paling awal kompetisi untuk Commodore 64 musik pada tahun 1986.

Perkembangan ini Commodore 64 budaya yang tercermin oleh perkembangan serupa pada platform komputer mikro populer lainnya pada masa itu.

Praktek komposisi musik SID terus dengan mulus sampai hari ini bersama dengan Commodore 64 demoscene. Tegangan Tinggi SID Koleksi, arsip yang komprehensif SID musik, berisi lebih dari 36.000 potongan musik SID. [4]

chiptunes Tracker

Commodore Amiga (1985), dengan sampel suara berbasis sintesis, menjauhkan konsep musik dari komputer mikro chip-disintesis polos suara. Amiga tracker software musik, mulai dari Karsten Obarski 's Ultimate Soundtracker (1987), terinspirasi sejumlah besar penggemar komputer komputer untuk menciptakan musik. Sebagai sebuah cabang dari pelacak berkembang budaya musik, jenis musik pelacak mengingatkan Commodore 64 SID musik lahir. Jenis musik ini kemudian disebut "chiptunes" atau "chip musik".

Contoh awal dari tanggal chiptunes pelacak kembali ke 1989-1990 dan diberikan ke musisi demoscene 4-Mat, Baroque, Turtle dan Duz. Tracker chiptunes didasarkan pada dilingkarkan sangat pendek bentuk gelombang yang dimodulasi oleh efek pelacak seperti arpeggio, vibrato dan portamento. Jumlah kecil data sampel dibuat tracker chiptunes ruang-jauh lebih efisien daripada kebanyakan jenis pelacak musik, yang membuat mereka menarik untuk ukuran-demoscene terbatas demo dan retak intro. Tracker chiptunes juga telah umum digunakan di lain adegan warez executable seperti keygens.

Dewasa ini, istilah "chiptune" juga digunakan untuk menutupi chip musik menggunakan chip aktual berbasis sintesis, tapi beberapa sumber, seperti proyek Pelestarian Musik Amiga, masih mendefinisikan secara khusus chiptune sebagai modul pelacak kecil. [5]

Langkah-langkah menuju dunia musik mainstream

Sebelum 2000-an, chip jarang dilakukan musik hidup, dan lagu-lagu yang tersebar hampir secara eksklusif sebagai executable program dan format file komputer lainnya. Contoh awal dari rilis label rekaman musik chip dapat ditemukan pada akhir tahun 1990-an. [6]

Selama tahun 2000-an, sebuah gelombang baru budaya chiptune terjadi, didorong oleh rilis software seperti LSDJ untuk Game Boy. Budaya baru ini memiliki lebih banyak penekanan pada pertunjukan live dan catatan rilis dari pelacak demoscene dan budaya, di mana seniman-seniman baru seringkali hanya jauh sadar. [7]

Teknologi

Secara historis, chip digunakan adalah chip suara seperti:
Ricoh 2A03 di Nintendo Entertainment System atau Family Computer
the analog - digital hibrida Atari Pokey di Atari 400/800 dan arcade hardware
yang MOS Technology SID di Commodore 64
AY-3-8910, atau 8.912 di Amstrad CPC, Atari ST (Yamaha YM2149), Atari Falcon (Yamaha Y3439-F) MSX dan Sinclair ZX Spectrum 128.
Yamaha YM2612 on Genesis / Mega Drive
Yamaha YM3812 on IBM PC compatibles

Untuk MSX beberapa upgrade suara, seperti Konami SCC, maka Yamaha YM2413 (MSX-MUSIC) dan Yamaha Y8950 (MSX-AUDIO, pendahulu dari OPL3) dan OPL4 berbasis Moonsound dibebaskan juga, masing-masing memiliki karakteristik sendiri chiptune suara.

The Game Boy, seperti SPN, tidak memiliki chip suara yang terpisah namun keduanya malah menggunakan logika digital yang terintegrasi pada CPU utama.

Paula dikenal sebagai chip suara pada Amiga, tetapi tidak benar-benar menghasilkan suara chip dengan sendirinya. Hanya bertanggung jawab untuk DMAing sampel dari RAM ke audio output, mirip dengan fungsi modern kartu suara.

Pada model 128K ZX Spectrum, Amstrad CPC, dan Atari ST, chip suara yang disintesis dengan hanya membagi sebuah jam gelombang persegi untuk mendapatkan gelombang persegi frekuensi yang dikehendaki, dan kemudian menggunakan gigi gergaji / segitiga gelombang dari volume LFO atau (ADSR) amplop untuk mendapatkan semacam cincin modulasi. LFOs digunakan untuk mengendalikan atau mempengaruhi parameter suara seperti lapangan atau filter dalam siklus yang berulang.

Teknik sampel chiptunes dengan disintesis pada runtime terus menjadi terkenal bahkan sampai pada komputer dengan pemutaran sampel penuh kemampuan; karena deskripsi instrumen membutuhkan jauh lebih sedikit ruang dari sampel mentah, ini format file yang dibuat sangat kecil, dan karena parameter sintesis bisa bervariasi selama komposisi, mereka bisa berisi lebih dalam ekspresi musik dari sampel yang murni berbasis format. Juga, bahkan dengan sampel murni berbasis format, seperti MOD format, chip suara yang diciptakan oleh perulangan sampel yang sangat kecil masih belum bisa mengambil lebih sedikit ruang.

Seperti komputer yang lebih baru berhenti menggunakan chip sintesis berdedikasi dan mulai menggunakan sampel terutama berbasis sintesis, lebih realistis timbres bisa diciptakan kembali, tapi sering dengan mengorbankan ukuran file (seperti dengan MODS) dan berpotensi tanpa dijiwai kepribadian keterbatasan yang lebih tua chip suara.

Standar MIDI format file, bersama-sama dengan MIDI Umum instrumen set, hanya menggambarkan catatan apa yang dimainkan pada alat musik apa. General MIDI chiptune tidak dianggap sebagai file MIDI tidak berisi informasi yang menggambarkan sintesis instrumen.

Format file yang umum digunakan untuk menulis dan bermain chiptunes adalah SID, YM, SNDH, MOD, XM, beberapa format file berbasis AdLib dan berbagai eksotis Amiga format file.

Gaya

Chiptunes umumnya terdiri dari bentuk gelombang dasar, seperti gelombang sinus, gelombang persegi dan gigi gergaji atau segitiga gelombang, dan dasar perkusi, sering dihasilkan dari white noise akan melalui ADSR dikendalikan synthesizer.

Untuk alasan di atas klasik 8-bit chiptune suara dapat dikenali dari disintesis pulsa gelombang persegi atau instrumen, perkusi kebisingan putih sederhana dan berat menggunakan ultra-cepat arpeggio mengemulasi akord tiga atau empat catatan pada satu saluran (karena hardware keterbatasan, beberapa catatan harus ditempatkan pada saluran yang sama).

Komputer modern dapat memainkan berbagai format chiptune melalui penggunaan emulator dan platform-spesifik plugin untuk pemutar media. Tergantung pada sifat hardware yang ditiru, 100% akurasi dalam perangkat lunak mungkin tidak tersedia. Yang umum digunakan MOS Technology SID chip, misalnya, memiliki multi-mode filter termasuk karakteristik sirkuit analog yang hanya matematis emulasi diperkirakan di perpustakaan.

Chip adegan jauh dari mati dengan "kompos" yang diselenggarakan, kelompok merilis musik disk dan dengan cracktro / demo adegan. Baru tracker alat yang membuat suara chip tersedia untuk kurang techy musisi. Sebagai contoh, Little Sound DJ untuk Gameboy memiliki interface yang dirancang untuk digunakan dalam lingkungan hidup dan fitur MIDI sinkronisasi. The SPN platform memiliki MidiNES, sebuah peluru yang mengubah sistem menjadi penuh sesak nafas hardware MIDI dikontrol Synthesizer. Baru-baru ini, untuk Commodore 64, yang Mssiah telah dirilis, yang sangat mirip dengan MidiNES, tetapi dengan kontrol parameter yang lebih besar, pengurutan, emulasi drum analog, dan pemutaran sampel terbatas. Pada DOS platform, Fast Tracker adalah salah satu yang paling terkenal pembuat chiptune karena kemampuan untuk membuat gambar-tangan sampel dengan mouse. Chiptune artis Pixelh8 juga merancang software musik seperti Musik Tek [8] untuk Game Boy dan Pro Performer [9] untuk Game Boy Advance dan Nintendo DS yang mengubah kedua mesin menjadi real time synthesizer.

Dalam beberapa tahun terakhir, chip musik telah kembali ke permainan modern, baik dalam chip penuh gaya musik atau menggunakan sampel chip dalam musik. Permainan yang melakukan hal ini dalam soundtrack mereka termasuk Mega Man Battle Network, Reset Generation, Seiklus, dan Tetris DS.

Film

Adegan yang baru-baru ini chiptune subjek dokumenter disebut Blip Festival: Format ulang Planet oleh 2 Player Productions [4]. Film ini adalah seorang pejabat pemilihan pada 2008 South by Southwest Film Festival di Austin, Texas. [5] Perdana Menteri terjadi pada tanggal 8 Maret 2008 di Dobie Center.

TV

11 April 2005 adalah 1 Chiptune kinerja di televisi nasional. 8 Bit Weapon memainkan lagu-lagu mereka "Bombs Away" & "Game Boy Rocker" pada G4 's Serangan Tampilkan siaran Episode # 5.058. [6] [7]

The Nickelodeon TV series Yo Gabba Gabba! Membuat berat penggunaan chiptunes sebagai latar belakang musik.

Perwakilan seniman dan ansambel
[Sunting]
Era Klasik

Era ini ditandai dengan menggunakan komputer rumah dan konsol game, dan lagu-lagu biasanya disertakan dalam game, retak, atau demo. Musisi terkenal pada masa itu termasuk Rob Hubbard, Ben Daglish, Chris Hülsbeck, Tim Follin dan Martin Galway di C64, Jochen Hippel di Atari ST, Yuzo Koshiro pada berbagai FM soundchips, termasuk Yamaha YM2612 dari Mega Drive, dan Koji Kondo , Nobuo Uematsu, Hirokazu "Hip" Tanaka dan Yuukichan Papa di SPN.
[Sunting]
Modern inkarnasi

Era modern telah membawa gelombang chiptune keragaman ke TKP. Musik dansa elektronik modern, khususnya tari-pop, house musik dan techno tercermin dalam musik dari artis seperti Role Model, Nullsleep dan Trash80. Beberapa, seperti YMCK, penghasut Boy, Format PDF, dan Paza Rahm, sering termasuk vokal, sebuah elemen yang hilang dari banyak komposisi sebelumnya. Artis seperti Sabrepulse dan mcfiredrill membuat chipmusic yang lebih mirip dengan senonoh techno. Banyak orang lain, termasuk Acak, 4mat dan C-jeff menarik demoscene pengaruh dari musik. Artis seperti Virt diilhami oleh dan menulis musik untuk video game soundtrack. Beberapa band, seperti Anamanaguchi, khidmat Camel Crew dan 8 Bit Weapon chip telah memasukkan musik ke dalam pengaturan hidup. Kanada adegan yang unik telah berhasil memadukan berbagai genre, seperti IDM, indie rock, folk, perjalanan lompat, dan kekuasaan pop, dengan musik 8bit, dalam perbuatan tersebut sebagai Aliceffekt, Format PDF, dan XC3N. Alex Mauer adalah perintis merilis musik SPN yang sesungguhnya peluru, dan merupakan contoh utama seniman modern yang paling banyak dipengaruhi oleh vintage soundtrack. Banyak musisi chip modern mendistribusikan musik mereka secara bebas di audio digital pada netlabels, seperti 8bitpeoples, 8bitcollective.com micromusic.net, Jeda, superbutton.net, dan mp3death

1 komentar:

  1. saya dulu adl pengguna sinclair spectrum, waktu smp tahun 83-86an..dulu itu sinclair pake basic cobol (if 'A' = 'B' then 'go to' C)..yg pake basic cobol selain sinclair adl IBM..apple 2E juga udah ada tapi ngga ingat bahasa nya..

    dulu majalah nya adl metrodata, saya sering kirim program home-made..di kirim dlm pita kaset..

    commodore 64 juga nge top, tapi kurang seru..

    utk musik, pertama2 dulu pake ADSR sebelum MIDI..

    BalasHapus